Pelanggan atau langganan merujuk pada individu atau rumah tangga, perusahaan yang membeli barang atau jasa yang dihasilkan dalam ekonomi. Secara spesifik, kata ini sering pula diartikan sebagai
seseorang yang terbiasa untuk membeli barang pada suatu toko tertentu. Dalam
berbagai pendekatan, tergantung dari sifat dari industri atau budaya, pelanggan bisa disebut sebagai klien, nasabah, pasien. Maknanya adalah pihak ketiga di luar sistem perusahaan yang karena sebab tertentu, membeli barang atau jasa perusahaan. Khusus untuk
nasabah, istilah ini digunakan mewakili pihak yang menggunakan jasa bank, baik
itu untuk keperluannya sendiri maupun sebagai perantara bagi keperluan pihak
lain.
Kebutuhan
Barang Dan Jasa
Digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai tujan tertentu .
Digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai tujan tertentu .
Kebutuhan
Dipengaruhi oleh beberapa hal. Budaya,ekonomi,lingkungan,iklim.
3 tingkatan harapan pelanggan terhadap
pelayanan
- Asumsi
- Spesifikasi
kepuasan yang dicerminkan oleh pemenuhan standar
- Kesenangan
Pangsa pasar
Pangsa Pasar adalah strategi pemasaran yang melibatkan membagi target
market yang luas ke dalam himpunan bagian dari konsumen, bisnis, atau
negara-negara yang memiliki, atau yang dianggap memiliki, kebutuhan umum,
kepentingan, dan prioritas, dan kemudian merancang dan menerapkan strategi
untuk menargetkan mereka. Strategi segmentasi pasar biasanya digunakan untuk
mengidentifikasi dan selanjutnya menentukan target pelanggan, dan memberikan
data pendukung untuk elemen rencana pemasaran seperti posisi untuk mencapai
tujuan rencana pemasaran tertentu. Bisnis dapat mengembangkan strategi
diferensiasi produk, atau pendekatan dibedakan, yang melibatkan produk tertentu
atau lini produk tergantung pada permintaan spesifik dan atribut dari target
segmen.
Strategi
pemasaran yang melibatkan membagi targer yang luas kedalam himpunan bagian dari
konsumen,bisnis, negara yang memiliki kebutuhan umum.
Faktor
Internal :
- Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan.
- Persepsi adalah tindakan menyusun, mengenali, dan menafsirkan informasi sensoris guna memeberikan gambaran dan pemahaman tentang lingkungan. Persepsi meliputi semua sinyal dalam sistem saraf, yang merupakan hasil dari stimulasi fisik atau kimia dari organ pengindra.
- Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atau peristiwa.
- Gaya
hidup adalah perilaku seseorang yang ditunjukkan dalam aktivitas, minat dan opini khususnya yang berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan status sosialnya.
- Kepribadian adalah keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain.
- Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.
Faktor
eksternal :
- Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
- Sosial adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.
- Kebudayaan merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan.
- Kelompok
referensi merupakan sekelompok orang yang secara nyata mempengaruhi perilaku seorang secara langsung atau tidak langsung.
Faktor
Lingkungan Eksternal
Dalam aspek pemasaran kita perlu mempelajari faktor pesaing baik mengenai usaha yang sudah ada maupun usaha yang didirikan dimasa yang akan datang, terutama yang menyangkut luas usaha, teknologi yang digunakan, modal usaha yang diperlukan, kebijakan yang digunakan peranannya dalam menguasai konsumen serta kelemahan dan kekurangan para pesaing.
Dalam aspek pemasaran kita perlu mempelajari faktor pesaing baik mengenai usaha yang sudah ada maupun usaha yang didirikan dimasa yang akan datang, terutama yang menyangkut luas usaha, teknologi yang digunakan, modal usaha yang diperlukan, kebijakan yang digunakan peranannya dalam menguasai konsumen serta kelemahan dan kekurangan para pesaing.
Komentar
Posting Komentar