Langsung ke konten utama

Penggunaan,Kelemahan,Kelebihan Remote Deskop dan Team Viewer

Cara Setting Remote Desktop di Windows 7

Untuk bisa mengakses komputer di tempat lain, Windows sudah menyediakan program Remote Desktop Connection. Berikut tutorial cara penggunaan dan setting Remote Desktop.

Untuk merubah setting Remote Desktop di Windows 7 masuk ke Control Panel\All Control Panel Items\System klik Remote Connection.
Lalu pada bagian Remote desktop pilih Allow Connection from computers running any version of Remote Desktop (less secure) supaya komputer bisa diremote oleh semua versi windows (XP, vista, server), jika memilih Allow connection only from computers running Remote desktop with Network Level Authentication (more secure) maka komputer ini hanya bisa diakses dari Windows Vista, 7 dan Windows Server 2008.
Pastikan memilih user account yang memiliki autorisasi untuk dapat melakukan remote desktopdengan mengklik tombol Select User, dan pastikan user account yang anda pilih memiliki password (password jangan sampai kosong)

Setelah komputer yang ingin di-remote selesai disetting, mari kita coba me-remote komputer tersebut dari komputer lain (Windows 7). Di Windows 7 dan kebanyakan versi Windows lain shortcut Remote Desktop berada di Start menu > All Programs > Accessories > Remote Desktop Connection.

Anda akan disajikan kotak isian untuk mengetikkan nama komputer yang ingin anda remote. Masukkan nama komputer / ip addres yang ingin diremote, lalu klik Connect maka kita akan terhubung ke komputer tersebut dan windows akan meminta login user account yang sudah kita daftarkan sebelumnya.

Setting Remote Desktop Connection di Windows sesuai kebutuhan kita, berikut caranya:


Di Tab General anda bisa mensetting supaya login dan password anda akan selalu disimpan bila pilihan Always ask for credentials dicentang. Anda bisa juga men-save dan me-restore setting Remote Desktop di tab ini.

Tab Display, memuat pilihan untuk menentukan resolusi layar dan kedalaman warna windows, sementara pilihan Display the connection bar when i use the full screen, sebaiknya dicentang saja.

Tab Local Resources, disini anda bisa menentukan setting Audio, Keyboard, dan hardware lain seperti Printer dan Clipboard. Di Remote Audio akan diberi pilihan untuk memainkan audio di komputer remote atau di komputer client, terdapat juga pilihan perekaman suara.
Pilihan keyboard untuk menentukan kombinasi keyboard akan digukanan di komputer remote atau komputer client. Di bagian Local Devices and Resources kita bisa menentukan apakah device seperti printer, harddisk, ataupun hardware pada komputer client akan dishare dengan remote desktop.

Tab Program berguna untuk menjalankan program secara otomatis setelah tersambung ke koneksi Remote Desktop.

Tab Experience, menentukan kecepatan jaringan yang kita gunakan, tampilan desktop, font, dan tampilan animasi di “remote desktop”. Terdapat juga pilihan untuk menyambung otomatis bila koneksi terputus (Reconnect if the connection is dropped).

Tab Advance berfungsi sebagai setting security / keamanan, bila anda yakin dengan keamanan jaringan anda silahkan pilih Connect and dont warn me. Pilihan Connect from anywhere, hanya berfungsi jika remote komputer terhubung dengan domain di Windows Server 2008 dan telah disetting untuk Remote Desktop Gateway.

Atas: Tampilan Layar Laptop saat me-remote komputer secara bersamaan Sistem Operasi Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows 7
Cara Menggunakan TeamViewer

TeamViewer adahal suatu perangkat lunak yang memgungkinkan kita untuk melakukan sharing/berbagi melalui koneksi internet. kita juga dapat mengontrol komputer patner/teman kita yang berda ditempat lain asalkan terkoneksi dengan internet dan bisa melalukan berbagai hal yang berhubunghan dengan internet. semua ini sangatlah mudah untuk dilakukan dan bahkan kita tidak perlu pusing dengan hal yang bersifat terknis seperti firewalls, Ip Addres, ataupun yang lainnya.
Syarat suapaya aplikasi tersebut bisa kita gunakan adalah dengan adanya dua komputer yang baik dan terkoneksi dengan internet, baik yang akan kita kontrol dan yang akan mengkontrol sudah terpasang dengan TeamViewer.
1. instal terlebih daluhulu TeamViewer pada kedua komputer (Lihat Cara mengistal TeamViewer)
2. Kedua komputer yang pastinya harus tersambung dengan internet
3. mintalah Id dan Passwor dari komputer yang akan kita kontrol
lansung saja kita kepembahasan cara menggunakan TeamViewer
- Buka aplikasi TeamViewer
- setelah terbuak aplikasi tersebut, terdapat bagian Allow Remote Control terdapat Id dan Passwor ( Itu Id dan Password Kita) dan pada kolom Remote Computer ada kolom yang kosong yang harus kita isi.
- Mintalah Id dan Password dari teman kita yang akan kita remote/kontrol
- lalu masukkan id teman kita tersebut dedalam kolom yang kosong tadi, seperti gambar diatas..
- tahap selanjutnya, kita memasukkan passoword dari teman kita yang tadi sudah kita minta
- selanjut Klik " Log On "
- Pastikan kedua komputer menyala dan tersambung internet    dan menjalankan aplikasi teamviewer tersebut.
- alhasil sekarang sudah siap untuk melakukan kontrol
1. Team Viewer
Kelebihan            :
1.     Mudah untuk digunakan walaupun dengan jangkauan jarak yang cukup jauh selama suatu PC masih terkoneksi pada suatu jaringan.
2.      Nyalain-matiin PC secara remote.
3.     Mengontrol penuh terhadap mouse dan keyboard
4.      Memanipulasi data suatu PC dengan mudah
5.      Memiliki fitur video call yang memungkinkan setiap user dapat saling berkomunikasi melalui camera
6.      Memiliki fasilitas chatting
7.     Bisa mengontrol penuh seluruh aktifitas pada suatu PC

Kekurangan        :
1.     Dari segi keamanan aplikasi ini sangatlah kurang karena setiap orang bisa mengakses PC kita jika mereka mengetahui username dan password pada PC kita.
2.       Tidak bisa membedakan antara client dan server karena setiap PC dapat berperan sebagai clien sekaligus server.
3.      Loadingnya lebih lambat

    2. Remote Desktop Connection

Kelebihan            :
1.     Mudah digunakan karena sudah ada di setiap sistem operasi windows.
2.     Bisa mengendalikan jarak jauh dengan syarat kedua PC saling terkoneksi ke jaringan.
3.     Mampu mematikan dan menghidupkan PC secara remote.
4.     Memanipulasi data suatu PC dengan mudah
5.     Bisa berbagi file melalui sharing data
6.     Keamanan sangat terjamin karena PC client tidak akan bisa memanipulasi data seluruh data server kecuali data yang di sharing oleh server.
7.     Ada yang berperan sebagai client dan server.

Kelemahan         :
1.     Dari hasil percobaan, PC akan terasa sedikit lebih berat atau lambat

2.     Perlu mengetahui password komputer yang akan di remote


OOleh : Widya Cindy Oktaviani
z             Zakaria
x
XTKJ1 
JARINGAN DASAR

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial CLI menggunakan Cisco Packet Tracer

1. Buka Cisco Packet Tracer Student. 2.   Kemudian isi dengan 1 Router, 2 Switch, dan 2 PC. 3.   Lalu hubungkan PC,Router,dan Switch menggunakan Kabel. 4.  Kemudian kita klik PC-0 5.   Lalu kita klik Desktop,dan pilihlah Command Prompt 6.   Kemudian setting ip lewat cmd seperti dibawah ini. 7.   Kemudian kita klik PC-1 8.   Lalu kita klik Desktop,dan pilihlah Command Prompt 9.   Kemudian setting ip lewat cmd seperti dibawah ini.   10.   Kemudian klik Router, lalu klik CLI kemudian isi CLI tersebut. 11.   Untuk mengetes koneksi antar PC,kita bisa klik pada PC,kemudian pilih desktop dan pilih command prompt. Lakukan ping kesalah satu PC. Apabila terdapat reply,berarti konfigurasi host telah selesai. PC-0 PC-1

cara reset ip yang tidak bisa dhcp

Reset setting DHCP Windows Anda tidak perlu mengakses Network Adapter di Windows untuk mereset setting DHCPnya, cukup jalankan command prompt dengan hak administrator dan ketikkan perintah – perintah berikut: 1.        ipconfig /release  – Ini untuk melepaskan konfigurasi jaringan Windows. 2.        ipconfig /renew  – Ini untuk memperbarui setting IP Windows, jadi komputer ini akan mendapatkan informasi baru dari modem atau router yang ada.