Langsung ke konten utama
Pembentukan Tim Kerja

Tim adalah kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi daripada jumlah masukan individual.Tim bisa melakukan berbagai hal seperti membuat produk, memberikan jasa, menegosiasikan berbagai perjanjian, mengoordinasi proyek-proyek, memberikan nasihat, dan membuat keputusan. Sedangkan yang dimaksud dengan Tim Kerja (team work) di sini adalah suatu kelompok orang yang bekerja sama secara tetap, teratur dan sesering mungkin untuk mencapai tujuan Bersama.

A. Pembagian Peran Kepemimpinan

Peran pemimpin dalam tim kerja sangatlah penting karena pemimpinlah yang akan mengatur semua jalannya fungsi tim kerja tersebut. Kepemimpinan seseorang dalam sebuah organisasi sangat besar perannya dalam setiap pengambilan keputusan, sehingga membuat keputusan dan mengambil tanggung jawab terhadap hasilnya adalah salah satu tugas pemimpin. Sehingga jika seorang pemimpin tidak mampu membuat keputusan, seharusnya dia tidak dapat menjadi pemimpin.
Dilain hal, pengambilan keputusan dalam tinjauan perilaku mencerminkan karakter bagi seorang pemimpin. Oleh sebab itu, untuk mengetahui baik tidaknya keputusan yang diambil bukan hanya dinila dari konsekwensi yang ditimbulkannya. Melainkan melalui berbagai pertimbangan dalam prosesnya. Kegiatan pengambilan keputusan merupakan salah satu bentuk kepemimpinan, sehingga:
1.       Teori keputusan meupakan metodologi untuk menstrukturkan dan menganalisis situasi yang tidak pasti atau berisiko, dalam konteks ini keputusan lebih bersifat perspektif daripada deskriptif
2. Pengambilan keputusan adalah proses mental dimana seorang manajer memperoleh dan menggunakan data dengan menanyakan hal lainnya, menggeser jawaban untuk menemukan informasi yang relevan dan menganalisis data; manajer, secara individual dan dalam tim, mengatur dan mengawasi informasi terutama informasi bisnisnya
3.  Pengambilan keputusan adalah proses memlih di antara alternatif-alternatif tindakan untuk mengatasi masalah. 

b. Keterbukaan dan saling percaya

Di dalam sebuah tim, tempat adanya sekelompok orang yang bekerja, tentunya mempunyai banyak perbedaan. Perbedaan tersebut wajar saja, karena manusia memang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Namun, perbedaan tersebut jangan sampai menghalangi upaya untuk mengembangkan kelompok/tim.
Dengan menerapkan prinsip-prinsip bekerja dalam satu tim dan saling terbuka, saling percaya satu sama lain, setidaknya perbedaan yang ada tidak berkembang menjadi suatu konflik. Namun, diharapkan menjadi kelebihan yang dapat membantu suatu kelompok atau tim dalam melakukan kegiatannya sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

c. Komunikasi

Secara sederhana komunikasi adalah suatu proses penyampaikan informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak yang lain. Istilah komunikasi berasal dari kata Latin Communicare atau Communis yang berarti sama atau menjadikan milik bersama. Kalau kita berkomunikasi dengan orang lain, berarti kita berusaha agar apa yang disampaikan kepada orang lain tersebut menjadi miliknya ataupun dimengerti/dipahami olehnya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.

Jadi berdasarkan pengertian dan tujuan komunikasi, mustahil sebuah tim akan mendapatkan kemengan/keberhasilan atau mencapai tujuan bersama jikalau tidak terjalin komunikasi yang baik serta dimengerti satu dengan yang lainnya. Karena komunikasi bukan lagi menjadi pilihan, tetapi sudah menjadi kebutuhan. Tanpa komunikasi yang baik, maka sebuah tim akan mudah berprasangka dan terpancing dalam permusuhan dan hancur. Namun dengan komunikasi yang baik maka sebuah tim akan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penggunaan,Kelemahan,Kelebihan Remote Deskop dan Team Viewer

Cara Setting Remote Desktop di Windows 7 Untuk bisa mengakses komputer di tempat lain, Windows sudah menyediakan program Remote Desktop Connection. Berikut tutorial cara penggunaan dan setting Remote Desktop. Untuk merubah setting Remote Desktop di Windows 7 masuk ke   Control Panel\All Control Panel Items\System   klik   Remote Connection . Lalu pada bagian Remote desktop pilih   Allow Connection from computers running any version of Remote Desktop (less secure)   supaya komputer bisa diremote oleh semua versi windows (XP, vista, server), jika memilih  Allow connection only from computers running Remote desktop with Network Level Authentication (more secure)   maka komputer ini hanya bisa diakses dari Windows Vista, 7 dan Windows Server 2008. Pastikan memilih user account yang memiliki autorisasi untuk dapat melakukan   remote desktop dengan mengklik tombol   Select User , dan pastikan   user account   yang anda pilih memi...

Tutorial CLI menggunakan Cisco Packet Tracer

1. Buka Cisco Packet Tracer Student. 2.   Kemudian isi dengan 1 Router, 2 Switch, dan 2 PC. 3.   Lalu hubungkan PC,Router,dan Switch menggunakan Kabel. 4.  Kemudian kita klik PC-0 5.   Lalu kita klik Desktop,dan pilihlah Command Prompt 6.   Kemudian setting ip lewat cmd seperti dibawah ini. 7.   Kemudian kita klik PC-1 8.   Lalu kita klik Desktop,dan pilihlah Command Prompt 9.   Kemudian setting ip lewat cmd seperti dibawah ini.   10.   Kemudian klik Router, lalu klik CLI kemudian isi CLI tersebut. 11.   Untuk mengetes koneksi antar PC,kita bisa klik pada PC,kemudian pilih desktop dan pilih command prompt. Lakukan ping kesalah satu PC. Apabila terdapat reply,berarti konfigurasi host telah selesai. PC-0 PC-1

cara reset ip yang tidak bisa dhcp

Reset setting DHCP Windows Anda tidak perlu mengakses Network Adapter di Windows untuk mereset setting DHCPnya, cukup jalankan command prompt dengan hak administrator dan ketikkan perintah – perintah berikut: 1.        ipconfig /release  – Ini untuk melepaskan konfigurasi jaringan Windows. 2.        ipconfig /renew  – Ini untuk memperbarui setting IP Windows, jadi komputer ini akan mendapatkan informasi baru dari modem atau router yang ada.